Kegiatan Penyediaan Layanan Konsultasi dan Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Terhadap Pelayanan Terpadu Perizinan dan Nonperizinan diKabupaten Karimun

Salah satu indikator keberhasilan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karimun dalam menjalankan peranannya sangat ditentukan pada tingkat kualitas pelayanan publik yang disediakan. Komitmen dan upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik tersebut adalah dengan melakukan evaluasi untuk menilai kinerja pelayanan yang disediakan oleh DPMPTSP.

Salah satu metode penilaian kinerja tersebut adalah melalui pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Sehingga diharapkan hasil dari penilaian tersebut akan menjadi tolak ukur terhadap pelayanan yang diberikan DPMPTSP Kabupaten Karimun. Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negeri Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Publik. Pengukuran kepuasan merupakan elemen penting dalam proses evaluasi kinerja dimana tujuan akhir yang hendak dicapai adalah menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif berbasis dari kebutuhan masyarakat. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna layanan.

Pada kesempatan kali ini, DPMPTSP Kabupaten Karimun mengadakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) secara offline dengan cara turun ke kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun, meliputi Kecamatan Karimun, Kecamatan Meral, Kecamatan Meral Barat, Kecamatan Tebing, Kecamatan Kundur, Kecamatan Kundur Utara, Kecamatan Kundur Barat, Kecamatan Buru, Kecamatan Moro, dan Kecamatan Durai,
Sasaran Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) ini adalah masyarakat yang pernah menerima pelayanan di DPMPTSP Kabupaten Karimun yang sebagian besar merupakan para petugas kesehatan pemegang Surat Izin Praktek (SIP). Untuk itu petugas survei banyak mengunjungi rumah sakit, puskesmas, klinik, dan apotek demi mendapatkan responden yang tepat sasaran.

Related Articles

English EN Indonesian ID
Butuh Bantuan? Berbincanglah dengan kami