Berita Terkini

UPGRADING PEMAHAMAN ISO 9001:2008 MENJADI ISO 9001:2015

Iso (international standarization organization) merupakan sebuah organisasi yang berwenang dalam menciptakan ketentuan standar di seluruh dunia. Pada awalnya, ISO memiliki nama IOS (International Organization for Standardization) ketika pertama kali diresmikan pada tahun 1947 di Swiss. Namun kemudian namanya dirubah menjadi ISO karena kata “iso” dalam bahasa Yunani memiliki arti “sama” atau “setara”. Manfaat dari ISO 9001 itu sendiri antara lain:

  1. Menjamin kepuasan pelanggan terhadap produk/jasa yang dijual
  2. Meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap pemerintah
  3. Menanamkan rasa bangga bagi pegawai dan tenaga honorer sehingga memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik lagi
  4. Mempermudah pemerintah untuk memperoleh pelanggan dan peluang investasi yang lebih baik dan lebih banyak
  5. Sebagai materi untuk menganalisa kemampuan suatu pemerintah 
  6. Meningkatkan manajemen pengendalian resiko sehingga pemerintah lebih stabil
  7. Sistem perizinan yang ada  menjadi semakin rapi dan terarah

Pada mulanya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Karimun sudah memiliki sertifikat iso 9001 : 2008 dan sudah di terapkan di seluruh alur dan proses perizinan yang berlangsung di DPM&PTSP, namun pada tahun 2017 ini diharuskan untuk mengupgrading pemahaman mengenai iso 9001 : 2008 menjadi  iso 9001 : 2015 agar DPM&PTSP bisa terus memiliki sertifikat ISO. Pada tanggal. 05 s.d 08 Juni 2017 telah dilakukan pemahaman dan audit iso 9001 : 2015, kepala DPM&PTSP Bapak Dr. sularno. M.Si mengatakan ‘dengan adanya iso 9001 : 2015 ini diharapkan seluruh sdm di dpm&ptsp dapat berkerja dengan lebih transparan, fleksibel dan efisien lagi’ untuk itu langkah selanjutnya akan dilakukan audit internal dan external apakah DPM&PTSP Kabupaten Karimun masih layak memegang sertifikat iso 9001 : 2015 oleh  organisasi yang berwenang.

Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Kepala DPM&PTSP untuk memberikan service excellence kepada para pelanggan. Meski terlihat sederhana, tetapi sejatinya penerapan service excellence ini tidaklah sesederhana kelihatannya. Untuk dapat menjalankannya dengan baik, Kepala DPM&PTSP melakukan  pelatihan atau training bagi seluruh SDM yang bertujuan agar mereka memiliki profesionalitas serta integritas tinggi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

English EN Indonesian ID
Butuh Bantuan? Berbincanglah dengan kami